Rabu, 14 Mei 2014

RESPECT

RASA HORMAT.

Pada zaman ini terjadi penurunan rasa hormat yg besar.
Rakyat pd pemerintah.
Anak pd ortu.
Suami - istri.
Bawahan pd atasan.
Bnyak pemimpin tdk benar/tdk baik (korupsi di Indonesia, pemimpin yg diktator, pemimpin yg egois, pilih kasih, tdk jujur, tdk benar, tdk adil, dll).
Bnyak penurunan etika/moral.
Respect pd Tuhan juga menurun.

Kepada siapakah kita harus memberi respect? (Suatu rasa hormat dan segan hingga kita ingin untuk memperlakukannya secara istimewa; bukan karena diminta, tapi suatu dorongan dr hati kita sendiri).

1. Respect terhadap Tuhan.
1 Samuel 2:30  Sebab itu — demikianlah firman TUHAN, Allah Israel — sesungguhnya Aku telah berjanji: Keluargamu dan kaummu akan hidup di hadapan-Ku selamanya, tetapi sekarang — demikianlah firman TUHAN —: Jauhlah hal itu dari pada-Ku! Sebab siapa yang menghormati Aku, akan Kuhormati, tetapi siapa yang menghina Aku, akan dipandang rendah.

A. Terhadap Pribadi Tuhan. Nama Tuhan.
KuasaNya. KasihNya. KebaikanNya. DisiplinNya. KekudusanNya. KemarahanNya.

B. Terhadap Firman Tuhan.

C. Terhadap ibadah. Hari Sabat. Waktu teduh.
Yesaya 58:13  Apabila engkau tidak menginjak-injak hukum Sabat dan tidak melakukan urusanmu pada hari kudus-Ku; apabila engkau menyebutkan hari Sabat "hari kenikmatan", dan hari kudus TUHAN "hari yang mulia"; apabila engkau menghormatinya dengan tidak menjalankan segala acaramu dan dengan tidak mengurus urusanmu atau berkata omong kosong,

D. Terhadap pemberianNya: waktu, nafas, kesempatan, kesehatan, harta benda, kekayaan (bukan untuk diri sendiri), pasangan hidup, anak2, tempat tinggal, kendaraan, pekerjaan, pelayanan, dll.

E. Terhadap tempat kudusNya. Ruang doa. Rumah Tuhan. Buang bungkus permen, permen karet, tissue, merobek warta gereja?

2. Respect terhadap orangtua (yg melahirkan kita; ayah & ibu), nenek dan kakek, orang yg lebih tua (om, tante, kakak).

3. Respect terhadap org yg lemah, tawar hati, lemah lembut dan rendah hati. Yg suka mengalah. Yg kata2nya baik. Jgn menginjak2 mereka.

1 Tesalonika 5:14-15
14 Kami juga menasihati kamu, saudara-saudara, tegorlah mereka yang hidup dengan tidak tertib,

Hiburlah mereka yang tawar hati, belalah mereka yang lemah, sabarlah terhadap semua orang.

15 Perhatikanlah, supaya jangan ada orang yang membalas jahat dengan jahat, tetapi

Usahakanlah senantiasa yang baik, terhadap kamu masing-masing dan terhadap semua orang.

4. Respect terhadap semua orang. Org yg lemah dan miskin, namun bisa jadi memiliki nilai2/sikap kehidupan dan hikmat/wejangan/nasehat yg mulia).

Lukas 18:2  Kata-Nya: "Dalam sebuah kota ada seorang hakim yang tidak takut akan Allah dan tidak menghormati seorang pun.

5. Respect terhadap pemimpin rohani. Yg baik pimpinannya harus dihormati 2x lipat.
Yg tdk/kurang/belum baik: beri kesempatan.
Yg jahat: doakan.

1 Timotius 5:17, 19
17 Penatua-penatua yang baik pimpinannya patut dihormati dua kali lipat, terutama mereka yang dengan jerih payah berkhotbah dan mengajar.
19 Janganlah engkau menerima tuduhan atas seorang penatua kecuali kalau didukung dua atau tiga orang saksi. 

6. Respect terhadap org yg berjuang. Walaupun belum berhasil. Org miskin yg berjuang. Org cacat yg berjuang. Ilmuwan yg berjuang bg kemanusiaan yg lebih baik. Respect terhadap para pahlawan dan pembangun bangsa. Pejabat2 yg layak diteladani pengabdiannya.

1Tes 5:12
Kami minta kepadamu, saudara-saudara, supaya kamu menghormati mereka yang bekerja keras di antara kamu,...

7. Respect terhadap pemerintah.
Matius 22:21  Jawab mereka: "Gambar dan tulisan Kaisar." Lalu kata Yesus kepada mereka: "Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah."

8. Respect terhadap suami.
Efesus 5:33  Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah isterimu seperti dirimu sendiri dan isteri hendaklah menghormati suaminya.

9. Respect terhadap org yg pernah/sedang mengalami kesengsaraan, penderitaan, kekurangan dlm hidup. Jgn membeda2kan orang (suku, ekonomi, psikologis, status sosial, pakaian, dll)

Yakobus 2:2-4
2 Sebab, jika ada seorang masuk ke dalam kumpulanmu dengan memakai cincin emas dan pakaian indah dan datang juga seorang miskin ke situ dengan memakai pakaian buruk,
3 dan kamu menghormati orang yang berpakaian indah itu dan berkata kepadanya: "Silakan tuan duduk di tempat yang baik ini!", sedang kepada orang yang miskin itu kamu berkata: "Berdirilah di sana!" atau: "Duduklah di lantai ini dekat tumpuan kakiku!",
4 bukankah kamu telah membuat pembedaan di dalam hatimu dan bertindak sebagai hakim dengan pikiran yang jahat?

10. Respect seorang hamba terhadap tuannya.

Maleakhi 1:6  Seorang anak menghormati bapanya dan seorang hamba menghormati tuannya. Jika Aku ini bapa, di manakah hormat yang kepada-Ku itu? Jika Aku ini tuan, di manakah takut yang kepada-Ku itu? firman TUHAN semesta alam kepada kamu, hai para imam yang menghina nama-Ku. Tetapi kamu berkata: "Dengan cara bagaimanakah kami menghina nama-Mu?"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar