Kamis, 14 Oktober 2010

Sudahkah Anda Berbicara dalam Bahasa Cintanya

Sudahkah Anda Berbicara dalam Bahasa Cintanya 


Dua insan jatuh cinta, naik ke puncak “pengalaman jatuh cinta”, menikah, dan perlahan-lahan turun dari ketinggian puncak. Apa yang terjadi pada cinta setelah pernikahan? Mengapa banyak pasangan yang begitu berbunga-bunga saat masa-masa pacaran, namun kemudian kehilangan kasih sayang setelah tahun-tahun pernikahan?

Persoalan yang sebenarnya mungkin adalah kedua pasangan bukanlah kehilangan cinta kepada pasangannya, namun saling mengungkapkan cinta dalam bahasa yang berbeda sehingga sukar untuk dipahami. Untuk menjadi komunikator cinta yang efektif, menurut Gary Chapman dalam bukunya,Five Language of Love atau yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, Lima Bahasa Kasih, setiap pasangan perlu saling mempelajari Bahasa Cinta masing-masing agar ungkapan kasih sayang dapat benar-benar dipahami oleh si dia. Jika Anda mengatakan “I love you”, namun yang dipahami pasangan Anda adalah “wo ai ni”, maka jelaslah ribuan ucapan “I love you” pun tak akan menyampaikan pesan apa-apa baginya. Anda harus belajar berbicara dalam bahasanya.

Chapman memaparkan dalam bukunya, ada 5 bahasa yang digunakan untuk mengungkapkan kasih sayang:

1.       Kata-kata Pendukung
Dia yang memiliki kata-kata pendukung sebagai Bahasa Cinta-nya akan memberikan banyak kata-kata positif bagi pasangannya, dan sebaliknya juga mengharapkan ungkapan yang sama sebagai bukti cinta dari Anda. Kata-kata negatif dari Anda bisa sangat menyakiti hatinya, karena baginya kata-kata bukanlah senjata perang, namun alat ungkapan kasih sayang.

2.       Saat-saat Mengesankan
Ia mengharapkan waktu berduaan dengan Anda dan perhatian Anda sepenuhnya tertuju padanya, bukan pada game di layar komputer Anda  ataupun pertandingan bola di televisi. Sebaliknya ia pun akan memberikan waktu dan perhatiannya sebagai ungkapan cintanya pada Anda.

3.       Menerima Hadiah-hadiah
Ia sering memberikan hadiah-hadiah kepada Anda, tak hanya di hari spesial Anda. Jika Anda terlalu pelit untuk memberikannya suatu pemberian, ini akan mengecewakan hatinya, sebaliknya hadiah kecil pun akan begitu berarti baginya, tak pandang seberapa besar nilai dan harga pemberian itu.

4.       Pelayanan
Ia cenderung melayani dan menolong Anda ataupun membantu Anda mengerjakan proyek-proyek Anda. Baginya pelayanan dan bantuan dari Anda, seperti membantu membersihkan rumah dan membereskan peralatan setelah makan merupakan ungkapan cinta yang sangat berarti.

5.       Sentuhan fisik
Ia sering menyentuh Anda, seperti membelai kepala atau punggung Anda. Baginya sentuhan Anda merupakan bukti cinta Anda, ketiadaan sentuhan ini merupakan juga ketiadaan kasih sayang Anda baginya.

Yang manakah Bahasa Cinta Anda dan pasangan Anda?

http://www.charismaindonesia.com/index.php/news/_Sudahkah-Anda-Berbicara-dalam-Bahasa-Cintanya_/210

Tidak ada komentar:

Posting Komentar