Sabtu, 15 Juni 2013

Kenangan masa lalu

Jangan terjebak kenangan masa lalu yang tidak perlu

Banyak orang kehilangan kepercayaan diri mereka untuk mencoba sesuatu yang menantang. Umumnya tidak memiliki keberanian untuk menghadapi kegagalan. Mereka takut harus menghadapi kondisi yang lebih buruk.

Keluar dari zona nyaman Anda tidak berarti Anda harus melakukan hal-hal negatif. Sebagai manusia yang terus menerus untuk tumbuh dan berubah, Anda tidak harus menjalani rutinitas yang sama. Bisa jadi Anda tidak dapat berkembang karena Anda terpaku pada satu titik.

Nah, bagi Anda yang belum berani keluar dari zona nyaman Anda, simak tips berikut, seperti dilansir mindbodygreen:

1. Tanyakan pada diri sendiri.
Hanya karena Anda selalu melakukan sesuatu dengan satu cara, bukan berarti cara itulah yang terbaik untuk Anda. Misalnya, ketika Anda memutuskan untuk tinggal sendiri, lalu merasakan rindu tinggal bersama orangtua. Mengubah cara menjalani hidup, terkadang memberi kesempatan dan pelajaran untuk lebih dewasa dan membuka pikiran.
 
2. Harus mau berkorban
Contoh paling sederhana, Anda lebih memilih berada di rumah ketika teman-teman mengajak mencoba hal baru, misalnya ikut kelas yoga. Anda tahu yoga baik untuk kesehatan dan ketenangan batin, namun Anda lebih memilih berada di rumah karena Anda tahu menonton televisi, bermain game dan bersantai di rumah lebih mudah daripada belajar hal baru seperti gerakan-gerakan yoga. Nah, persepsi tersebut lah yang harus Anda ubah segera.
 
3. Hidup harus penuh tantangan.
Alasan paling tepat untuk keluar dari zona nyaman sebenarnya sederhana: Anda butuh tantangan. Dinamika hidup yang naik dan turun pasti menyimpan alasan. Segala pengalaman dan kenangan hidup adalah cara untuk mendewasakan dan membangun pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Jadi, tak ada salahnya mencoba hal-hal baru yang sama sekali belum pernah Anda lakukan.
 
4. Lepaskan masa lalu.
Jangan terjebak kenangan masa lalu yang tidak perlu yang justru menjadi beban hidup masa kini. Kenangan ini biasanya berupa emosi atau ekspresi yang buruk dan menyakitkan. Salah satu cara yang bisa membantu Anda melepaskan beban tersebut adalah mengisi waktu dengan aktivitas atau kegiatan baru.

Psikolog Rosdiana Setyaningrum, mengatakan bahwa keberanian menghadapi tantangan adalah kunci keberhasilan hidup. Namun, bukan lantas tanpa perhitungan. Asal masih dalam batas kemampuan, semua hal positif yang Anda jajal tentu mudah menciptakan kenyamanan baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar