Kamis, 30 Januari 2014

Belajar dr kuda

Tahun kuda.
Apa yg bisa kita pelajari dari seekor kuda?

Kuda adalah simbol:
1. kebangsawanan & kegagahan (binatang yg gagah perawakannya, ditunggangi oleh para bangsawan dan tentara perang yg gagah perkasa).

2. kecepatan (lihatlah pacuan kuda, kuda perang). Kuda dijadikan salah satu merk mobil.

Keluaran 14:9  Adapun orang Mesir, segala kuda dan kereta Firaun, orang-orang berkuda dan pasukannya, mengejar mereka dan mencapai mereka pada waktu mereka berkemah di tepi laut, dekat Pi-Hahirot di depan Baal-Zefon.

3. ketangkasan (kuda terampil lari melewati medan apapun: padang rumput, pasir, jalan naik, tenaganya hebat/kuat sehingga dijadikan satuan tenaga: tenaga kuda / horse power).

4. Ketekunan. Kuda tekun berlari. Menarik kereta. Kuda tekun bekerja. Kuda mampu berlari menempuh jarak yg sangat jauh.

5. Kekayaan/kejayaan.
Kuda adalah salah satu ternak yg berharga/bernilai.

Keluaran 9:3  maka ternakmu, yang ada di padang, kuda, keledai, unta, lembu sapi dan kambing domba, akan kena tulah TUHAN, yakni kena penyakit sampar yang dahsyat.

6. Kuda adalah lambang kemuliaan & kewibawaan (ditunggangi oleh pribadi yg berkuasa). Bahkan dlm wahyu disebutkan:

Wahyu 19:11  Lalu aku melihat sorga terbuka: sesungguhnya, ada seekor kuda putih; dan Ia yang menungganginya bernama: "Yang Setia dan Yang Benar", Ia menghakimi dan berperang dengan adil.

Wahyu 19:14  Dan semua pasukan yang di sorga mengikuti Dia; mereka menunggang kuda putih dan memakai lenan halus yang putih bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar