Rabu, 06 Juli 2011

"Memang Seharusnya?"

Memang Seharusnya ?

Max Lucado, seorang penulis Kristen yang menghasilkan karya-karya hebat, berkata, "Iblis tidak perlu mencuri apa pun dari Anda, yang perlu ia lakukan hanyalah membuat Anda menganggap bahwa semuanya itu memang sudah seharusnya."

Perkataan Max Lucado itu ada benarnya juga, sebab ternyata kita seringkali memiliki konsep "itu memang sudah seharusnya".
Ketika berkat yang kita terima makin melimpah, kita berpikir bahwa itu memang sudah seharusnya karena kita bekerja sangat rajin. Ketika karir kita melesat cepat, kita berpikir bahwa itu memang sudah seharusnya karena kita memang menunjukkan prestasi yang hebat dalam pekerjaan kita.

Ketika keluarga harmonis, kita berpikir bahwa itu memang sudah seharusnya karena kita menjadi orang tua yang baik. Ketika tubuh kita sehat, kita berpikir bahwa itu memang sudah seharusnya karena kita selalu berolahraga dan memiliki pola hidup yang sehat.

Ketika kita dipakai Tuhan luar biasa, kita berpikir bahwa itu memang sudah seharusnya karena kita adalah orang Kristen yang baik.

Jangan terjebak dengan konsep "itu memang sudah seharusnya". Itu akan membuat kita sombong dan sulit untuk bersyukur. Sebaliknya, kita harus berpikir bahwa semua hal yang luar biasa tersebut hanya karena kasih karunia dan kebaikan Allah semata.

Memang benar bahwa keputusan, sikap kita, dan tindakan kita lah yang membentuk hidup kita, namun jangan pernah lupa bahwa di atas semuanya itu ada Tuhan yang menentukan jalan hidup kita.

Mengabaikan Tuhan di dalam keberadaan hidup kita adalah kebodohan terbesar. Demikian juga sikap yang naif dan merasa bisa hidup tanpa Tuhan hanya akan menghancurkan diri kita sendiri. Sebab bagaimana pun juga kita harus sadar bahwa di luar Tuhan kita tidak bisa berbuat apa-apa.

Kita harus ingat bahwa kita tak lebih dari carang yang tak bisa menghasilkan buah jikalau tidak menempel kepada pokok pohon. Konsep "itu memang sudah seharusnya" harus kita buang jauh-jauh dari kamus hidup kita, sebaliknya miliki konsep bahwa semua karena anugerah Tuhan semata.

Semuanya karena kasih karunia, bukan karena "memang sudah seharusnya".

Sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.- Yohanes 15:5
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar